Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Root, Home, Swap, User, Lib, Bin pada LINUX

Bagi pengguna komputer baik PC maupun laptop pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi. Sistem operasi yang populer di antaranya adalah sistem operasi Windows dan Linux. Pada sistem operasi ada pembagian partisi atau ruang harddisk sesuai dengan peruntukannya. Namun terdapat perbedaan tentang partisi harddisk ini antara sistem operasi Windows dan Linux.

Jika kalian ingin menggunakan Windows sebagai OS nya, mungkin kita bisa mempartisi hardisk dengan di tandai huruf A sampai dengan Z. Namun bagi anda yang ingin menggunakan Linux sebagai OS Laptop atau PC kalian, maka kalian tidak akan melihat hal tesebut, melainkan akan melihat kata Root, Home, Swap, User, Lib, Bin. Tapi kita tidak mengerti apa fungsi dari kata tersebut. Untuk itu, KAU OPS kali ini akan memaparkan apa arti dan fungsi dari kata Root, Home, Swap, User, Lib, Bin, seperti:

Partisi Root (/)

Partisi ini di kenal dengan symbol “/”, Sebagai awal dari system file. Istilah root (/) pada Windows sama dengan drive C:\. /root,direktori ini hanya digunakan oleh user root dan biasanya tidak dapat diakses oleh user lain pada system.

Pastisi SWAP

Partisi ini di butuhkan untuk mendukung system memori virtual. Swap di perlukan oleh virtual memory manager untuk mengelola tempat kerja memory di RAM secara optimal. Ukuran partisi di sarankan dua kali lipat dari ukuran RAM. SWAP di perlukan oleh virtual memori manager untuk mengelola tempat kerja memori di RAM secara optimal.

Baca juga: Kmpulan Distro Linux

File System /usr

File system/user berisi semua command,libraries,manual pages dan beberapa file lainnya yang dibutuhkan selama operasi berjalan normal.File system /usr sering berukuran besar karena semua program di install pada direktori ini. Semua file dalam /usr berasal dari sebuah distribusi Linux. Namun ada juga program yang bersifat local dan di simpan pada direktori /usr/local. Hal ini memungkinkan untuk meng-update system data pada distribusi versi baru.

File System /home

File system /home berisi home direktori dari setiap user. Masing-masing home direktori dari setiap user dipisahkan dan membentuk sebuah tree.

File System /bin

/bin,perintah-perintah yang dibutuhkan selama proses bootup dilakukan dan digunakan user biasa setelah proses bootup selesai

File System /lib

/lib,merupakan share libraries yang dibtuhkan program pada file system root.

Jika kalian sudah memahami apa arti Root, Home, Swap, User, Lib, Bin pada LINUX, maka kalian sudah sedikit paham mengenai partisi dalam linux. semoga artikel ini bermanfaat bagi user linux pemula.

Posting Komentar untuk "Pengertian Root, Home, Swap, User, Lib, Bin pada LINUX"