Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal TPM Windows 11

Mengenal TPM Windows 11 | Mungkin agak sedikit terlambat bagi admin KAU OPS untuk membahas TPM pada Windows 11 ini, karena istilah TPM pada windows 11 ini sudah menjadi perbincangan hangat bagi para pecinta teknologi. Sebab, perangkat Trusted Platform Module 2.0 tersebut menjadi syarat wajib bagi pengguna untuk bisa menginstal dan menggunakan Windows 11 di komputer mereka. Lalu, apa pengertian dan bagaimana mengecek TPM pada Windows 11?

Apa Itu TPM Windows 11?

Secara garis besar apa itu TPM Windows 11 dapat diartikan sebagai modul yang berbentuk chip di perangkat komputer, terutama pada sebuah PC. Fungsinya tak lain untuk melindungi data tersimpan pada komputer maupun laptop Anda menggunakan sistem enkripsi.

Dengan begitu, jika perangkat Windows 11 dicuri, nantinya para pelaku bisa mengambil data atau membajaknya dengan cara membobol TPM Windows 11 tersebut. Microsoft sendiri menyatakan jika TPM memiliki peran penting melindungi komputer menggunakan sistem keamanan yang bisa diandalkan dengan berbasiskan perangkat keras.

Baca juga: Download Game Resident Evil 3 Buat PC

6 Langkah Mengecek TPM Windows di Laptop dan PC

Kini, setelah Anda mengetahui apa itu TPM Windows 11 sebagai syarat wajib saat menginstallnya, maka penting pula mengetahui bagaimana cara mengeceknya pada komputer. Sebab, tidak semua PC dilengkapi sistem keamanan ini. Melansir dari laman The Verge yang dikutip oleh Kompas Tekno, berikut cara mudahnya:

  1. Tekan tombol “Windows” pada keyboard secara bersamaan dengan huruf “R”. Atau Anda bisa masukkan kata kunci “Run” pada menu “Start”.
  2. Berikutnya, masukkan perintah dengan menuliskan “tpm.msc” dan klik tombol “OK”. Tunggulah sampai tampilan aplikasi sistem “TPM Management” muncul.
  3. Perhatikan kolom “Status” Anda dan cek apakah komputer kompatibel untuk TPM Windows 11.
  4. Jika kolom muncul “The TPM is Ready for Use” maka komputer sudah pasti memiliki TPM.
  5. Bila ingin melihat versi TPM-nya, Anda bisa mengunjungi kolom “TPM Manufacturer Information” dan versi TPM akan muncul di bagian “Spesification Version”
  6. Bila kolom itu mengatakan “TPM Cannot Be Found” itu artinya komputer tidak dibekali dengan TPM maka tak bisa digunakan untuk download Windows 11.

cara mengecek TPM pada Laptop

Gambar diatas menunjukkan bahwa Laptop yang admin gunakan memiliki TPM untuk digunakan saat mau instal Windows 11.

Cara lainnya untuk mengecek kesediaan TPM Windows 11 adalah melalui aplikasi PC Health Website Developer . Aplikasi ini bisa Anda unduh di laman resmi microsoft lewat link ini. Lalu, gulirkan sampai ke bawah sebelum masuk bagian footnote.

Saat PC mulai dijalankan maka aplikasi tersebut akan mengecek dan memeriksa komputer secara keseluruhan. Kemudian, memberitahu jika aspek untuk mengunduh sistem Windows terbaru sudah terpenuhi.

Baca juga: Download Point Blank Offline Terupdate Buat PC

Menyalakan Dukungan TPM Windows 11 di PC Rakitan/ Laptop

Pada saat Anda mengecek TPM Windows 11 berjalan di sebuah komputer dengan PC Health namun muncul komputer tidak mendukung, maka Anda jangan berkecil hati. Bisa jadi perangkat sebenarnya punya dukungan persyaratan itu namun tak dinyalakan.

Hal itu karena pada motherboard modern produksi beberapa tahun belakangan dibekali fitur verifikasi TPM melalui BIOS. Akan tetapi, fitur biasanya dimatikan dengan mode default. Jadi, Anda dapat mengaktifkannya secara manual dan cek apakah ada update yang khusus untuk Windows 11. Sementara itu, langkah mengaktifkannya pun tergantung pada merek maupun tipe motherboard di PC rakitan.

Demikianlah postingan Mengenai "Mengenal Lebih Dekat TPM Windows 11" dan cara mengeceknya di komputer Anda.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan perangkat pendukung komputer terbaik seperti keyboard, mouse, hingga speaker saat Anda bekerja dengan Windows 11.

Posting Komentar untuk "Mengenal TPM Windows 11"