Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Seting CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

Bagi kalian yang ingin menggunakan Aplikasi Candy CBT dengan XAMPP, silakan baca artikel ini sampai selesai. Disini kami akan membahas sampai tuntas bagaimana Aplikasi Candy CBT ini sampai bisa digunakan secara offline. 

Sebenarnya, bukan hanya aplikasi Candy CBT bisa digunakan saja di XAMPP. Namun lengkap dengan cara menggunakan Candy CBT khusus untuk Guru dan Siswa. Tentunya semuanya menggunakan XAMPP tanpa harus terhubung ke internet (offline).

Sebetulnya tanpa aplikasi XAMPP, Candy CBT versi 2.7 sudah bisa dijalankan baik untuk Server/Admin, Guru, dan Siswa. Aplikasi Candy CBT sudah diikutsertakan dengan perangkat lunak Laragon. Dimana fungsi Laragon masih sama dengan XAMPP, yaitu aplikasi sebagai server yang berdiri sendiri. Aplikasi XAMPP dan Laragon merupakan perangkat lunak untuk menerjemahkan dan menjalankan program seperti Candy CBT sehingga aplikasi dijalankan tanpa harus terhubung ke internet (localhost).

Namun bagi kalian pecinta XAMPP tentunya sangat ingin mencoba aplikasi Candy CBT di XAMPP. Apakah bisa? Tentu saja jawabannya bisa. 


1. Cara Install Candy CBT Menggunakan XAMPP

Sebelum dilanjutkan artikelnya, pertama silakan kalian download aplikasi XAMPP di website resminya. Sesuaikan aplikasi XAMPP yang kalian download dengan Sistem Operasi Komputer / Laptop yang kalian gunakan. Silakan download aplikasi XAMPP disini.

Setelah kalian download aplikasi XAMPP, silakan kalian install XAMPP di komputer. "Kami rasa untuk install XAMPP di komputer tidak perlu dijelaskan". Kalian tinggal ikuti saja semua perintah install XAMPP hingga finish.

Selesai install XAMPP di komputer, silakan aktifkan XAMPP dengan klik XAMPP Control Panel. Kemudian Kamu klik Start pada Module Apache dan MySQL. Setelah Apache dan MySQL aktif, silakan minimize atau close tampilan halaman XAMPP.

Tampilan XAMPP pada CBT Offline


Cara Install Candy CBT Offline 

Siapkan file Aplikasi Candy CBT, unrar dan open file instaler di folder CANDYCBT 2.7 INSTALLER. Supaya tidak banyak notifikasi dari anti virus, kita matikan anti virus di komputer kita jika ada. Open file “CANDYCBT2.7-INSTALLER” – Next – Install. Tunggu sampai selesai.

Aplikasi CBT candy Versi Offline

Klik Open

Aplikasi CBT candy Versi Offline (1)

Aplikasi CBT candy Versi Offline (2)

Aplikasi CBT candy Versi Offline (3)

Aplikasi CBT candy Versi Offline (4)

Aplikasi CBT candy Versi Offline (5)

Aplikasi CBT candy Versi Offline (6)

Tampilan halaman Admin Candy CBT

Aplikasi CBT candy Versi Offline (7)
Tampilan halaman Siswa Candy CBT

Itu diatas merupakan cara instal Candy CBT Versi 27 secara langsung. Ini dikarenakan sampai dengan versi 27 Candy CBT di buat satu paket dengan Laragon. Jadi kalian bisa langsung menggunakannya dengan cara menginstal seperti biasanya.

Namun jika kalian ingin menggunakan XAMPP sebagai web servernya kalian bisa melakukan cara dibawah ini

  • Setelah selesai install Candy CBT di komputer SERVER, sekarang tutup aplikasi tersebut. Copy folder Candy CBT lokasinya.
  • Paste di XAMPP, tepatnya di folder htdocs.
  • Buka halaman admin di http://localhost/candycbt/admin/login.php dan untuk siswa di : http://localhost/candycbt/. Untuk user login admin adalah : admin.

Untuk mengunduh Candy CBT, silakan klik Source Code


Cara Login Halaman Guru Candy CBT di XAMPP

Untuk login halaman guru menggunakan XAMPP tidak jauh berbeda dengan Laragon. Intinya sebelum Kamu mencoba menghubungkan halaman guru dengan server/admin adalah, komputer / laptop / android sudah satu jaringan dengan server. Satu jaringan disini bisa menggunakan LAN Kabel yang dihubungkan melalui Switch Hub atau menggunakan jaringan Hotspot/WiFi.

Jika komputer / laptop / android yang akan Kamu gunakan untuk membuka halaman guru sudah terhubung dengan server/admin, silakan Kamu buka browser Google Chrome. Wajib komputer server/admin sedang aktif juga membuka Candy CBT berikut aplikasi XAMPP-nya.

Misalnya IP Address komputer server adalah 192.168.43.120, maka di browser komputer / laptop / android guru Kamu ketik URL 192.168.43.120/candycbt/admin. Jika halaman sudah terbuka, silakan kamu masukkan Username dan Password guru yang bersangkutan. Username dan Password guru diketahui dari data guru yang ada di aplikasi Candy CBT server/admin.

Baca juga: Download Web Sekolah plus Aplikasi PPDB

Cara Login Halaman Siswa Candy CBT di XAMPP

Selanjutnya untuk mengakses halaman siswa, langkah-langkahnya sama dengan mengakses halaman guru. Kuncinya, pertama komputer / laptop / android siswa sudah satu jaringan dengan server/admin, kedua IP Address server/admin sudah diketahui.

Untuk mengakses halaman siswa menggunakan XAMPP, silakan Kamu buka browser di perangkat siswa lalu masukkan URL 192.168.43.120/candycbt. Setelah halaman terbuka, silakan login menggunakan Username dan Password yang didapat dari data siswa yang ada di aplikasi Candy CBT server/admin.

Demikianlah postingan kali ini yang membahas "Cara Seting CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP", Semoga bermanfaat buat kalian semua. Jika ada link yang rusak silakan beritahu kami lewat kolom komentar dibawaah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Seting CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP"